• SMK NEGERI 3 PEKALONGAN
  • STM Pembangunan

Memacu Guru Tingkatkan Kemampuan Numerasi Peserta Didik

Jakarta, Kemendikbudristek — Sebagai guru atau tenaga kependidikan menumbuhkembangkan keaktifan peserta didik sehingga mereka dapat mengaplikasikan kemampuan numerasi dengan baik adalah tanggung jawab yang besar. Kemampuan numerasi yang dimaksud adalah konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung yang digunakan untuk kecakapan hidup sehari-hari.

“Guru didorong dapat mendampingi peserta didik dalam mengakses, menggunakan, menafsirkan, dan mengkomunikasikan informasi dan ide matematika untuk mengelola berbagai situasi dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan kompetensi numerasinnya,” ujar Wahid Yunianto selaku SEAMEO QITEP in Mathematics dalam webinar yang bertemakan “Diseminasi Peraturan Dirjen GTK tentang Kerangka Kompetensi Literasi dan Numerasi”, Selasa (8/3).

Numerasi menurut Wahid Yunianto merupakan kemampuan berpikir untuk menghasilkan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika yang dapat menyelesaikan masalah sehari-hari dalam berbagai jenis konteks yang relevan dan individu.

Terdapat tujuan kerangka kompetensi numerasi yaitu 1) melengkapi model kompetensi guru dengan peta terperinci mengenai kompetensi literasi dan kompetensi numerasi, 2) memberikan acuan bagi guru agar mampu mematahkan perjalanan pembelajaran (learning journey) diri terkait literasi dan numerasi secara komprehensif dan terstruktur, dan 3) memberikan acuan bagi lembaga penyelenggara pendidikan dan pelatihan dalam merancang dan melaksanakan program pelatihan dan pelatihan guru terkait kompetensi literasi dan kompetensi numerasi.

Tujuan kerangka kompetensi numerasi juga mencakup tiga aspek yaitu pengetahuan profesional, praktik pembelajaran profesional, dan pengembangan profesi.
Dicky Susanto selaku dosen dari Calvin Institute of Technology Head of Instructional Design menjelaskan bagaimana guru membangun pengalaman numerasi secara informal di dalam pembelajaran di sekolah.

“Tahap pertama, guru menyadari kesadaran tetapi belum ada tindakan. Kedua, guru mendeskripsikan pengalaman aktivitas numerasi kedalam sekolah oleh peserta didik. Ketiga, guru lebih banyak mulai menggunakan pengalaman itu dan diterapkan dalam pembelajaran. Keempat, guru semakin bisa menyatukan pengalaman-pengalaman yang dibawa untuk membangun pembelajaran numerasi di dalam kelas,” urainya.

Dicky menambahkan, kompetensi guru dibutuhkan untuk menyadari bahwa numerasi bukan hanya sekadar konsep yang abstrak tetapi bagaimana mengaplikasikannya dalam permasalahan sehari-hari. Numerasi itu sendiri terdiri dari beberapa jenjang yaitu tahap berkembang, tahap layak, tahap cakap dan tahap mahir.

“Harapan saya, guru dapat menyatukan semua unsur-unsur baik dari matematika dan berbagai macam konsep dan dari berbagai macam mata pelajaran menjadi satu pembelajaran yang utuh,” kata Dicky.

Selanjutnya, Nurina Ayuningtyas selaku dosen STKIP Sidoarjo memberikan pemaparan terkait praktik pembelajaran profesional yang terdiri atas lingkungan pembelajaran, perencanaan, pembelajaran dan asesmen. Aspek lingkungan pembelajaran mencakup lingkungan belajar yang dapat mendorong peserta didik untuk terampil berpikir mandiri, mengambil risiko dan penyelidikan kritis untuk membelajarkan numerasi.

Dalam aspek perencanaan, Nurina menjelaskan bahwa guru dapat menyusun rencana pembelajaran matematika yang sistematis dan efektif dengan mengaitkan topik-topik matematika dan mata pelajaran lainnya seperti IPA dengan matematika tentang pengukuran tata surya maupun olahraga dengan matematika tentang pengukuran jarak kecepatan waktu.

Dalam aspek pembelajaran, guru mengembangkan ide matematis dengan mengaitkan berbagai representasi konsep matematis pada perangkat pembelajaran untuk membelajarkan numerasi serta mendorong diskusi dengan mengajukan pertanyaan yang membangun penalaran peserta didik dan menghubungkan konten, konteks, proses dan alat matematika.

Sementara dalam aspek asesmen, guru dapat membandingkan beberapa strategi penyelesaian dan jawaban peserta didik yang berbeda dan menilai yang paling efektif dalam menyelesaikan suatu permasalahan numerasi. (Ratna P./Winda S./Mei S./Crespo B/Denty A.)


Sumber : https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/03/memacu-guru-tingkatkan-kemampuan-numerasi-peserta-didik

Tulisan Lainnya
Kualitas Pendidikan Meningkat, Hasrat Pelajar Siswa Terdongkrak

BANDA ACEH - Rektor Universitas Malikussaleh, Profesor Herman Fithra, menilai kualitas pendidikan di Aceh terus meningkat. Provinsi Aceh tercatat memperoleh peringkat tertinggi jumlah

04/04/2024 10:12 WIB - Web Admin
PSF Ajak Pemerintah dan Swasta Tingkatkan Kompetensi Guru Daerah 3T

Jakarta, CNN Indonesia -- Organisasi bisnis sosial Putera Sampoerna Foundation (PSF) mendorong keterlibatan pemerintah dan pihak swasta sebagai donatur untuk meningkatkan kompetensi g

27/02/2024 07:20 WIB - Web Admin
Optimalkan Dana Pendidikan: Kepala MIN 2 Bone Respon Positif terhadap Sosialisasi Juknis BOP RA/BOS Tahun 2024

Mallari, (Humas Bone) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone telah berhasil melaksanakan kegiatan Sosialisasi terkait Juknis BOP RA/BOS Madrasah untuk tahun 2024 pad

16/02/2024 13:34 WIB - Web Admin
Kisah Syahrizal, Penerima KIP Kuliah yang Berprestasi & Dibesarkan Single Parent

Jakarta - Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek menyediakan jenis bantuan beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah bagi mahasiswa yang mempunyai keterb

12/02/2024 09:43 WIB - Web Admin
Nobar Film Tegar, Dr. Nurdin :Jadi Motivasi Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin menghadiri acara Sosialisasi Penguatan Pendidikan Karakter di Bioskop CGV Foodmophere Palem Semi, Kecamatan Cibodas, Kamis, (01/02). Dal

02/02/2024 09:28 WIB - Web Admin
UGM Buka Program Pendidikan Profesi Psikologi, Pendaftaran Masih Dibuka

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) telah membuka Program Pendidikan Profesi Psikologi pertama mulai dari 15-26 Januari 2024. Dekan Fakuptas Psikologi UGM Rahmat Hidayat mengat

29/01/2024 13:41 WIB - Web Admin
HUT Ke-15 YPA-MDR, Berkomitmen Sejahterakan Pendidikan Indonesia

Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR) berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan pendidikan di Indonesia. Hal ini disampaikan dalam acara Hari Ulang Tahu

12/01/2024 10:07 WIB - Web Admin
HPSN 2023 Sebagai Momentum Pengelolaan Sampah Dalam Kontribusi Pengendalian Perubahan Iklim

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) menjadi momentum bagi pengelolaan sampah secara berkelanjutan sekaligus memberikan dampak positif terhadap kontribusi upaya penurunan emisi gas rumah

21/02/2023 14:37 WIB - Administrator
Sinergi Antarwarga Pendidikan Kunci Sukses Inovasi Pembelajaran

Jakarta, Kemendikbudristek—Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) senantiasa memegang komitmen untuk menjamin tercapainya sinergitas peran an

04/01/2023 08:55 WIB - Administrator
Sambutan Mendikbudristek pada Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022

Unduh Sambutan Mendikbudristek pada Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022Sumber : https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/11/sambutan-mendikbudristek-pada-peringatan-hari-gur

25/11/2022 09:14 WIB - Administrator