• SMK NEGERI 3 PEKALONGAN
  • STM Pembangunan

Kisah Syahrizal, Penerima KIP Kuliah yang Berprestasi & Dibesarkan Single Parent

Jakarta - Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek menyediakan jenis bantuan beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah bagi mahasiswa yang mempunyai keterbatasan finansial tetapi memiliki prestasi.
Salah satu penerima KIP Kuliah, Syahrizal menceritakan pengalamannya merasakan manfaat dari bantuan tersebut. Pasalnya, ia adalah anak yatim yang kini dinafkahi oleh seorang ibu yang merupakan janda pensiunan.

Mahasiswa Teknik Instrumentasi, Fakultas Vokasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini tak menyangka bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Terlebih mengingat penghasilan sang ibu tak cukup untuk membiayainya kuliah.

"Pekerjaan orang tua saya terutama ibu saya, karena ayah saya sudah meninggal saat saya ada di kandungan. Sehingga penghasilan ibu saya itu janda pensiunan yang mana untuk penghasilannya setiap bulan itu sekitar Rp 1,5 juta," ujar Syahrizal dalam cuplikan YouTube Puslapdik Kemdikbud RI, dikutip Sabtu (10/2/2024).


Kuliah untuk Membahagiakan Ibu

Motivasi besar Syahrizal untuk berangkat ke Surabaya dan mengenyam pendidikan di ITS adalah pesan ibu. Di tengah keterbatasan, sang ibu selalu memberinya nasihat untuk tidak menyerah dengan kondisinya saat ini.

"Yang membuat saya semangat untuk kuliah, saya selalu diwanti-wanti ibu saya untuk terus berjuang dan pantang menyerah karena memang tujuan saya sampai saat ini, itu untuk membahagiakan ibu saya," ujarnya.

Syahrizal mengaku bisa memperoleh bantuan KIP Kuliah berkat guru fisikanya saat SMK. Ia termasuk siswa berprestasi di kelasnya sehingga ditawari bantuan tersebut.

"Saya mendapatkan KIP Kuliah ini berawal dari saran guru fisika saya. Karena guru fisika saya juga mengetahui bagaimana latar belakang keluarga saya dan juga bagaimana selama saya sekolah di SMK karena saya juga bisa dikatakan berprestasi dan juga mendapatkan peringkat satu selama sekolah," ungkap Syahrizal.

Tak cuma ia pakai untuk kebutuhan kuliah, Syahrizal juga sering mengirimkan sebagian bantuan KIP Kuliah kepada sang ibu. Ia merasa bersyukur bantuan tersebut dapat meringankan beban ibunya.

"Dan saya biasa kirimkan untuk ibu saya yang ada di Tuban dan untuk biaya finansial selama perkuliahan ini, saya biasanya pergunakan untuk membeli buku dan juga untuk membeli alat-alat yang biasa saya gunakan untuk mengerjakan tugas selama perkuliahan," katanya.

Fokus Kuliah dan Aktif Lomba

Selama berkuliah, Syahrizal cukup aktif mengikuti perlombaan nasional maupun internasional. Sehingga ia punya sederet prestasi yang cukup bergengsi.

Ia pernah meraih juara 1 regional di bidang KRAI di Kontes Robot Indonesia, juga juara 1 nasional dan strategi terbaik untuk KRAI di Kontes Robot Indonesia.

Selain itu, pada 2022 ia berhasil mendapatkan gelar runner-up pada ajang Ahu Robocon dan penghargaan desain terbaik di ajang yang diselenggarakan di New Delhi, India tersebut.

"Terima kasih, saya ucapkan kepada Kemendikbudristek terutama Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) karena dengan bantuan KIP Kuliah ini saya bisa berkuliah di ITS Surabaya," tuturnya.

Sumber : https://www.detik.com/edu/edutainment/d-7187837/kisah-syahrizal-penerima-kip-kuliah-yang-berprestasi-dibesarkan-single-parent

Tulisan Lainnya
PSF Ajak Pemerintah dan Swasta Tingkatkan Kompetensi Guru Daerah 3T

Jakarta, CNN Indonesia -- Organisasi bisnis sosial Putera Sampoerna Foundation (PSF) mendorong keterlibatan pemerintah dan pihak swasta sebagai donatur untuk meningkatkan kompetensi g

27/02/2024 07:20 WIB - Web Admin
Optimalkan Dana Pendidikan: Kepala MIN 2 Bone Respon Positif terhadap Sosialisasi Juknis BOP RA/BOS Tahun 2024

Mallari, (Humas Bone) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone telah berhasil melaksanakan kegiatan Sosialisasi terkait Juknis BOP RA/BOS Madrasah untuk tahun 2024 pad

16/02/2024 13:34 WIB - Web Admin
Nobar Film Tegar, Dr. Nurdin :Jadi Motivasi Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin menghadiri acara Sosialisasi Penguatan Pendidikan Karakter di Bioskop CGV Foodmophere Palem Semi, Kecamatan Cibodas, Kamis, (01/02). Dal

02/02/2024 09:28 WIB - Web Admin
UGM Buka Program Pendidikan Profesi Psikologi, Pendaftaran Masih Dibuka

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) telah membuka Program Pendidikan Profesi Psikologi pertama mulai dari 15-26 Januari 2024. Dekan Fakuptas Psikologi UGM Rahmat Hidayat mengat

29/01/2024 13:41 WIB - Web Admin
HUT Ke-15 YPA-MDR, Berkomitmen Sejahterakan Pendidikan Indonesia

Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR) berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan pendidikan di Indonesia. Hal ini disampaikan dalam acara Hari Ulang Tahu

12/01/2024 10:07 WIB - Web Admin
HPSN 2023 Sebagai Momentum Pengelolaan Sampah Dalam Kontribusi Pengendalian Perubahan Iklim

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) menjadi momentum bagi pengelolaan sampah secara berkelanjutan sekaligus memberikan dampak positif terhadap kontribusi upaya penurunan emisi gas rumah

21/02/2023 14:37 WIB - Administrator
Sinergi Antarwarga Pendidikan Kunci Sukses Inovasi Pembelajaran

Jakarta, Kemendikbudristek—Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) senantiasa memegang komitmen untuk menjamin tercapainya sinergitas peran an

04/01/2023 08:55 WIB - Administrator
Sambutan Mendikbudristek pada Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022

Unduh Sambutan Mendikbudristek pada Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022Sumber : https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/11/sambutan-mendikbudristek-pada-peringatan-hari-gur

25/11/2022 09:14 WIB - Administrator
Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Hari Guru Nasional Tahun 2022

Unduh dokumen: Pedoman Upacara Bendera Hari Guru Nasional Tahun 2022 Logo Hari Guru Nasional Tahun 2022 (Format JPEG) Logo Hari Guru Nasional Tahun 2022 (Format PNG)

25/11/2022 09:12 WIB - Administrator
Juknis PPDB SMA/SMK Jateng Tahun 2022/2023

      download file juknis : https://drive.google.com/file/d/1-7hqT-a5ofqAxKyWw71LvO9zXFwVOxWo/view?usp=sharing download file sosialisasi : https://driv

05/06/2022 19:46 WIB - Administrator