• SMK NEGERI 3 PEKALONGAN
  • STM Pembangunan

PSF Ajak Pemerintah dan Swasta Tingkatkan Kompetensi Guru Daerah 3T

Jakarta, CNN Indonesia -- Organisasi bisnis sosial Putera Sampoerna Foundation (PSF) mendorong keterlibatan pemerintah dan pihak swasta sebagai donatur untuk meningkatkan kompetensi guru di Indonesia, khususnya di wilayah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T) melalui berbagai program corporate social responsibility (CSR).
Hingga saat ini, PSF telah menjalankan empat program CSR yang bertujuan mendukung sektor pendidikan Indonesia. Keempat program tersebut adalah Lighthouse School Program (LSP) atau program pengembangan sekolah model; serta Teachers Learning Center (TLC) atau Pusat Belajar Guru, yakni program pengembangan kepemimpinan sekolah.

Kemudian, PSF juga memiliki Professional Development Program (PDP), yakni program jangka pendek yang menyediakan beragam pelatihan dan pendampingan guna mengembangkan guru dan atau manajemen sekolah; serta Guru Binar, yakni platform pengembangan karier guru berbasis online.

PSF menyampaikan, Lighthouse School Program (LSP) bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para pemimpin sekolah melalui pengembangan tata kelola sekolah yang akuntabel, diikuti dengan penataan sistem pembelajaran yang berkualitas dan bermakna bagi siswa.

Saat ini, program LSP masih berlangsung di empat wilayah, yakni Baubau, Sulawesi Tenggara; Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah; Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat; dan Kota Kediri, Jawa Timur.

"Sebelumnya, LSP telah diimplementasikan di 13 sekolah lainnya maka sampai saat ini telah dilaksanakan di 17 sekolah di wilayah Indonesia," ujar Juliana, Head of Program PSF-SDO melalui pernyataan resmi, baru-baru ini.

Selanjutnya, Teachers Learning Center (TLC) yang sudah dijalankan di 11 kawasan Indonesia merupakan organisasi belajar mandiri yang struktural dan sistematis, dijalankan oleh guru terpilih di bawah pengawasan pemerintah daerah. Program ini dicanangkan sebagai solusi dalam merespons keterbatasan akses guru mendapatkan layanan pengembangan profesi.

Dengan filosofi "Dari Guru, Oleh Guru, dan untuk Guru", TLC berperan sebagai motor yang mempercepat perkembangan kompetensi guru di daerah. TLC yang saat ini tengah berlangsung di Sulawesi Tenggara pun berkembang menjadi wadah yang menyediakan kebutuhan para guru.

Sementara, Professional Development Program (PDP) tengah dilaksanakan bersama Dinas Pendidikan Kota Samarinda dan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dalam program Ekosistem Pendidik Profesional (EPP). Sejak November 2022, program EPP memberi pelatihan kepada 30 guru terpilih yang dididik sebagai fasilitator kota, hingga nantinya dapat menggulirkan ilmu kepada guru-guru lain melalui diseminasi.

"Hasilnya, salah satu guru fasilitator EPP, Setiawati, mendapatkan apresiasi sebagai Guru Inovatif Pendidik PAUD dari GTK-Kemendikbud," lanjut Juliana.

Adapun program PDP lain yang dilakukan oleh PSF-SDO yakni Magang Kepala Sekolah Kota Palu. Berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Palu, program ini memberi pelatihan yang terarah serta pengalaman observasi langsung kepada 20 peserta yang merupakan tim manajemen sekolah dari jenjang SD dan SMP di Kota Palu.

"Pada bulan Agustus lalu, ke-20 peserta terpilih berkesempatan untuk mengikuti magang di 3 Sampoerna Academy yang ada di Jabodetabek (SA Lavenue, SA Sentul, dan SA BSD) selama 3 minggu. Hingga saat ini, PDP telah diimplementasikan kepada 14 wilayah di Indonesia," demikian pernyataan Juliana.

Terakhir, Guru Binar melalui kolaborasi dalam platform Merdeka Belajar telah menjadi mitra resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Guru Binar sendiri merupakan platform pengembangan karir guru melalui beragam pengembangan profesionalisme yang holistik, terintegrasi dan sistematis.

Platform Guru Binar bertujuan meningkatkan akses pelatihan guru yang terstruktur, terukur, dan disesuaikan dengan kebutuhan, mencakup kelas pelatihan, webinar, menulis blog, membuat kelas pelatihan, sampai build a talent. Dalam program yang sudah diikuti 79 ribu pengguna ini, peserta dapat belajar dari mana saja dan kapan saja secara online.

PSF menambahkan, pada 2023, sebanyak 52 ribu guru dan kepala sekolah, dengan lebih dari 200 ribu siswa telah mendapatkan manfaat program, sebagai hasil dari pelatihan kompetensi yang melibatkan 10 ribu guru dan siswa.

Dalam pelaksanaannya, PSF sukses menggandeng berbagai pihak, termasuk pemerintah dan korporasi seperti Kabupaten Gowa, Kabupaten Karawang, Kabupaten Kintamani, Kota Batu, Kota Samarinda, hingga Provinsi Kalimatan Timur dan Jawa Barat.

Korporasi yang telah menjadi partner PSF, antara lain adalah Bank BTN, Bank Mandiri, Caterpillar, Kimia Farma, Alfamidi, hingga Axis dan Indosat. Dukungan kuat juga diberikan oleh sejumlah institusi pendidikan, seperti Mawar Sharon Christian School, Universitas Pendidikan Indonesia, serta Margaret River Senior High School.

Dalam kesempatan ini, Juliana menambahkan PSF juga terus terbuka untuk menjalin kolaborasi dengan berbagai mitra atau pihak yang memiliki visi dan misi yang sejalan untuk pengembangan pendidikan.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20240226175546-307-1067516/psf-ajak-pemerintah-dan-swasta-tingkatkan-kompetensi-guru-daerah-3t.

Tulisan Lainnya
Kualitas Pendidikan Meningkat, Hasrat Pelajar Siswa Terdongkrak

BANDA ACEH - Rektor Universitas Malikussaleh, Profesor Herman Fithra, menilai kualitas pendidikan di Aceh terus meningkat. Provinsi Aceh tercatat memperoleh peringkat tertinggi jumlah

04/04/2024 10:12 WIB - Web Admin
Optimalkan Dana Pendidikan: Kepala MIN 2 Bone Respon Positif terhadap Sosialisasi Juknis BOP RA/BOS Tahun 2024

Mallari, (Humas Bone) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone telah berhasil melaksanakan kegiatan Sosialisasi terkait Juknis BOP RA/BOS Madrasah untuk tahun 2024 pad

16/02/2024 13:34 WIB - Web Admin
Kisah Syahrizal, Penerima KIP Kuliah yang Berprestasi & Dibesarkan Single Parent

Jakarta - Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek menyediakan jenis bantuan beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah bagi mahasiswa yang mempunyai keterb

12/02/2024 09:43 WIB - Web Admin
Nobar Film Tegar, Dr. Nurdin :Jadi Motivasi Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin menghadiri acara Sosialisasi Penguatan Pendidikan Karakter di Bioskop CGV Foodmophere Palem Semi, Kecamatan Cibodas, Kamis, (01/02). Dal

02/02/2024 09:28 WIB - Web Admin
UGM Buka Program Pendidikan Profesi Psikologi, Pendaftaran Masih Dibuka

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) telah membuka Program Pendidikan Profesi Psikologi pertama mulai dari 15-26 Januari 2024. Dekan Fakuptas Psikologi UGM Rahmat Hidayat mengat

29/01/2024 13:41 WIB - Web Admin
HUT Ke-15 YPA-MDR, Berkomitmen Sejahterakan Pendidikan Indonesia

Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR) berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan pendidikan di Indonesia. Hal ini disampaikan dalam acara Hari Ulang Tahu

12/01/2024 10:07 WIB - Web Admin
HPSN 2023 Sebagai Momentum Pengelolaan Sampah Dalam Kontribusi Pengendalian Perubahan Iklim

Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) menjadi momentum bagi pengelolaan sampah secara berkelanjutan sekaligus memberikan dampak positif terhadap kontribusi upaya penurunan emisi gas rumah

21/02/2023 14:37 WIB - Administrator
Sinergi Antarwarga Pendidikan Kunci Sukses Inovasi Pembelajaran

Jakarta, Kemendikbudristek—Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) senantiasa memegang komitmen untuk menjamin tercapainya sinergitas peran an

04/01/2023 08:55 WIB - Administrator
Sambutan Mendikbudristek pada Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022

Unduh Sambutan Mendikbudristek pada Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022Sumber : https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/11/sambutan-mendikbudristek-pada-peringatan-hari-gur

25/11/2022 09:14 WIB - Administrator
Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Hari Guru Nasional Tahun 2022

Unduh dokumen: Pedoman Upacara Bendera Hari Guru Nasional Tahun 2022 Logo Hari Guru Nasional Tahun 2022 (Format JPEG) Logo Hari Guru Nasional Tahun 2022 (Format PNG)

25/11/2022 09:12 WIB - Administrator